Jumat, 09 November 2007

tafsir

TAFSIR TARBAWY

A. JUDUL BUKU
TAFSIR TARBAWY

B. LATAR BELAKANG PENULISAN BUKU

Al-Qur`an adalah Kitab Pendidikan. Demikian term yang menggema disetiap pemikiran para sarjana dan umat islam pada umumnya.

Pendidikan menurut Al-Qur`an jelas berbeda dengan pendidikan yang ada dalam masyarakat. Baik dalam wilayah teoritis maupun praktis, akibatnya melahirkan istilah-istilah pendidikan yang beragam dan berbeda pula.

Sebagian istilah pendidikan yang keberadaannya seringkali menjadi perdebatan panjang adalah kata Tarbiyah dan Ta`lim.

Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan menulis buku dengan judul "Tafsir Tarbawi" ( Memahami Ayat-Ayat Al-Qur`an Yang Mengandung Kata Kunci Tarbiya dan Ta`lim" )

C. TUJUAN PENULISAN BUKU

1) Untuk menjelaskan ma`na "Tarbiyah" dan "Ta`lim"
2) Untuk menjelaskan ayat-ayat Al-Qur`an yangmengandung kata kkunci "Tarbiyah" dan "Ta`lim"
3) Untuk menyusun teori pendidikan islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur`an yang mengandung kata kunci "Tarbiyah" dan "Ta`lim"
4) Untuk menjelaskan metode memahami Al-Qur`an
5) Untuk menjelaskan keterkaitan Al-Qur`an dengan pendidikan

D. MANFAAT PENULISAN BUKU

1) Memberikan informasi tentang ma`na "Tarbiyah" da "Ta`lim"
2) Memberikan informasi tentang tafsir ayat-ayat Al-Quran yang mengandung kata kunci "Tarbiyah" dan "Ta`lim"
3) Memberikan informasi tentang konsep pendidikan islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur`an yang mengandung kata kunci "Tarbiyah" dan "Ta`lim"
4) Memberikan informasi tentang metode memahami Al-Qur`an
5) Memberikan informasi tentang keterkaitan Al-Qur`an dengan pendidikan

E. SASARAN PEMBACA

1) Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan
2) Orang-orang yang bergelut di bidang pendidikan
3) Orang-orang yang tertarik dengan Tafsir Al-Qur`an
4) Para da`i dan Kiyai
5) Semua umat islam
6) Para pecinta

F. METODE PENELITIAN

1) Sumber data
Sumber data primer berupa Al-Qura`an dan sumber data sekunder berupa kitab-kitab tafsir, kitab-kitab hadits, buku-buku, majalah, dan dokumen-dokumen lainnya

2) Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentasi

3) Metode analisis data yang penulis gunakan adalah metode " kajian isi"

G. SISTIMATIKA PENULISAN BUKU

BAB SATU
PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah
B. Penegasan Istilah
C. Alasan pemilihan judul
D. Pokok masalah
E. Tujuan penelitian
F. Manfaat penelitian
G. Metode penelitian


BAB DUA
AL-QUR`AN DAN METODE MEMAHAMI AL-QUR`AN

A. Al-Qur`an
1) Pengertian Al-Qur`an
2) Sejarah Al-Qur`an
3) Kandungan Al-Qur`an
4) Fungsi Al-Qur`an

B. Metode Memahami Al-Qur`an
1) Pengertian Tafsir dan Ta`wil
2) Pendekatan dalam penafsiran
3) Metode penafsiran Al-Qur`an
4) Metode memahami Al-Qur`an

C. Fungsi Al-Qur`an
1) Al-Qur`an sebagai dasar pendidikan islam
2) Al-Qur`an sebagai kitab pendidikan

BAB TIGA
TAFSIR "TARBIYAH" DAN "TA`LIM"

A. Tafsir "Tarbiyah"
Penafsiran terhadap surat Al-Isra`

B. Tafsir Ta`lim
1) Tafsir surat Al-Baqarah ayat 31-32, 102, 129, 151, 239, 251, 282
2) Tafsir surat Ali `Imran ayat 48, 79, 164
3) Tafsir surat An-Nisa ayat 113
4) Tafsir surat Al-Maidah ayat 4, 10
5) Tafsir surat Al-An`am ayat 91
6) Tafsir surat Yusuf ayat 6, 21, 37, 68, 101
7) Tafsir surat An-Nahl ayat 103
8) Tafsir surat Al-Kahfi ayat 65-66
9) Tafsir surat Thaha ayat 71
10) Tafsir surat Al-Anbiya` ayat 80
11) Tafsir surat Ad-Dukhan ayat 14
12) Tafsir surat An-Najm ayat 5
13) Tafsir surat Ar-Rahman ayat 2, 4
14) Tafsir surat Al-Jum`ah

BAB EMPAT
TAFSIR "TARBIYAH" DAN "TA`LIM" DENGAN PENDEKATAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

A. Tafsir "Tarbiyah"
1) Pengertian "Tarbiyah"
2) Pendidikan
3) Anak didik
4) Tujuan pendidikan
5) Dasar pendidikan
6) Fungsi pendidikan
7) Kurikulum pendidikan
8) Metode pendidikan

B. Tafsir "Ta`lim"
1) Pengertian "ta`lim"
2) Pengajaran
3) Pelajaran
4) Tujuan pengajaran
5) Dasar pengajaran
6) Fungsi pengajaran
7) Kurikulum pengajaran
8) Metode pengajaran

BAB LIMA
PENUTUP

A. Kesimpulan
B. Saran-Saran
C. Penutup

Tidak ada komentar: