Kamis, 24 Januari 2008

blog

5 Tips Bikin Posting Menarik
Tuesday, September 18th, 2007

Mengingat setiap blogger bisa saja menulis dengan topik yang sama, jelas diperlukan tips dan kiat tertentu agar posting kita tetap menarik. Erik Karey mengajukan lima resep sederhana tetapi cukup ampuh:
Gunakan contoh personal: Dengan menggunakan pengalaman pribadi sebagai contoh dari topik atau konsep yang sedang Anda tulis, pembaca akan merasakan ada “cita-rasa” yang khas dari posting Anda. Dengan metode ini, tulisan Anda akan jadi “hidup”.
Tulis judul yang memikat: Pilih judul yang menarik. Paling tidak tergambar dengan jelas manfaat yang akan diperoleh pembaca jika membacanya sampai tuntas. (Tetapi ingat, jangan bikin judul yang tak mencerminkan isi tulisan — itu akan membuat pembaca jadi tidak percaya sama Anda dan tak akan kembali lagi bertandang).
Lontarkan pertanyaan: Pertimbangkan untuk melontarkan pertanyaan, baik di awal maupun di akhir posting Anda. Dengan merangsang pemikiran dan pendapat pembaca Anda, otomatis mereka akan merasa posting Anda menarik. (Pada saat yang sama, gaya bertanya ini biasanya juga akan memancing banyak komentar).
Gunakan gambar: Foto, bagan atau grafik pendukung akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang untuk terus membaca posting Anda.
Kutipan dan taut. Jika memang relevan, gunakan kutipan dan taut sumber-sumber lain untuk memperkuat tulisan Anda. Ini akan menambah nilai tambah posting Anda.

Tips Desain: Wawancara Thomas dengan Avianto (1)
Wednesday, April 18th, 2007

Bagi yang mengelola blog pribadi, salah satu hal yang susah-susah gampang adalah memilih templat atau desain buat tampilan blog. Tampilan blog memang bukan segala-galanya bagi kesuksesan sebuah blog, tetapi ada baiknya kita memperhatikan pertimbangan teknis seputar itu. Selain itu, ternyata kita juga harus memperhatikan sejumlah rambu-rambu terkait dengan standar Web saat memposting tulisan di blog.

Kali ini saya mengundang Thomas Arie Setiawan, salah seorang web desainer yang populer di kalangan blogger, sebagai guest blogger. Dia saya minta menuliskan tips-tips terkait dengan standar web. Kemudian ia menyerahkan serial tulisannya berdasarkan wawancaranya dengan Boy Avianto, seorang blogger yang memiliki pendidikan akademis dalam bidang ini. Semoga bermanfaat.

T: Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin banyak diajukan, atau paling tidak muncul dalam perkembangan desain web di Indonesia…

A: Silakan…

Terima kasih. Untuk yang pertama, sebenarnya apa yang dimaksud dengan “Webstandard” itu?

Secara sederhana, web standard adalah standar yang diciptakan oleh W3C (WWW Consortium) untuk membuat situs web; jadi semacam panduan.

Ini merupakan panduan secara teknis?

Sangat teknis. Oleh karena itu, sebuah badan lain Web Standard Organization mencoba untuk membuatnya menjadi gampang di implementasikan.

Apakah Anda ingin menunjukkan bahwa mendesain sebuah situs web yang sesuai dengan standar merupakan hal yang mudah?

Sangat mudah. Sama seperti membuat sebuah esai dan memiliki panduan. Analogi sederhananya: apakah Anda merasa lebih mudah menulis esai dengan panduan atau tanpa panduan? Analogikan saja misalnya web standard adalah seperti panduan menulis esai.

Tetapi, toh tanpa mengikuti panduan tersebut, situs web tetap bisa dinikmati oleh para audience. Jadi kenapa harus dipersulit dengan sebuah standar seperti itu?

Dipersulit? Kata siapa? Justru dengan mengacu pada panduan itu ada beberapa hal yang lebih mudah. Misalnya, kita yakin bahwa situs web kita bisa dibuka dengan segala macam devices. Ingat situs web sekarang tidak hanya bisa dibuka dengan browser di komputer. Selain itu, kita yakin bahwa setiap kali ada browser upgrade situs kita tidak perlu ‘ganti kode’. Ini dikenal dengan forward compability.

Berarti, hal-hal teknis seperti itu menjadi tanggung jawab siapa? Desainer, audience, atau mungkin ada lembaga yang memang berkompeten dengan hal semacam ini?

Ingat, tahun 1997, di mana kita harus melihat bahwa sebuah kode HTML hanya bisa berjalan di salah satu browser tertentu? Itu 1997. Desainer harus tanggap terhadap perkembangan ini. Audience akan diuntungkan karena mereka bisa mengakses informasi tersebut dengan cara apa saja, mereka boleh protes seandainya tidak bisa. Mengenai lembaga, sejauh ini belum dibutuhkan, tetapi tergantung budaya. Bisa jadi di sebuah negara keberadaan sebuah lembaga formal justru dibutuhkan.

Jadi, apakah hal tersebut berarti bahwa jika ada sebuah kompleksitas audience (devices, keadaan teknis seperti akses internet, dan lain-lain), desainerlah yang harusnya menyesuaikan?

Kurang lebih, intinya adalah user oriented design atau ‘desain yang berorientasi kepada pengguna’. Apa sih tujuan membuat sebuah situs? Apakah untuk pemilik situs? Kalau iya, Anda tidak perlu peduli dengan pengguna. Silakan gunakan cara apa saja. Ini yang sering dilupakan pemilik situs: strategi. Strategi bagaimana menyampaikan informasi (atau apa saja) yang pemilik situs inginkan kepada pengguna. Situs web adalah media, penyimpan informasi. Jadi, perlakukan situs web tersebut seperti media.

Popularity: 80%
Ada tulisan menarik di Wall Street Journal soal peluang jadi blogger profesional (full time blogger). Layak untuk dipertimbangkan.

Perlu dicatat, sebagian besar peluang yang dimaksud dalam tulisan ini adalah bagi blogger yang ngeblog dalam Bahasa Inggris.
Pekerjaan: Blogger
Pendapatan: Menurut Henry Copeland, pendiri BlogAds.com, pendapatan blogger yang bekerja sendiri ada yang berkisar antara USD 2000 hingga USD 10.000.
Jam Kerja: Blogger profesional biasanya bisa mengatur jam kerjanya sendiri. Seorang penulis blog breaking-news misalnya. mengatakan 40 hingga 60 jam dalam seminggu adalah durasi yang lazim.
Yang Bikin Asyik: “Saya bisa bekerja pakai piyama dengan jam kerja yang saya bikin sendiri,” ujar Joel Cheesman, editor Cheezhead.com. Tak perlu keluar rumah, atau menghabiskan waktu di jalan untuk berangkat ke kantor.
Yang Bikin Bete: “Saya selalu bekerja, dan tak bisa libur,” ujar Lavandeira, seorang blogger di Los Angeles. Selain itu, harus memikirkan asuransi kesehatan sendiri. “Abis, jadi blogger sekalian juga jadi hobi sih.”
Cari Lowongan: Peluang jadi blogger full-time maupun paruh waktu bertebaran di Internet. Mau menulis apa saja ada yang nawarin tuh. Coba di-Google aja.
Keuntungan lain: Blogger punya jaringan yang tak ternilai harganya. Peluang pekerjaan atau proyek lain bisa dengan mudah didapatkan dengan keunggulan semacam ini.
Membuat Blog untuk Memperoleh Keuntungan: Sukses dengan Rencana Jangka Panjang

Oleh Jo Han Mok

Banyak orang bermimpi membuat blog untuk memperoleh keuntungan, dan tujuan ini tidak jauh dari jangkauan orang yang memiliki kecerdasan rata-rata, kemauan untuk bekerja keras, dan pemahaman dasar tentang teknologi membuat blog. Namun, sedikit sekali orang yang berhasil menuai keuntungan yang mereka inginkan dari blog mereka. Sebagian besar orang yang berusaha untuk menghasilkan uang dari blog mereka tidak berhasil karena dua alasan.

Sering kali pembuat blog (blogger) memiliki harapan yang tidak realistis tentang seberapa cepat jumlah pembaca mereka akan bertumbuh dan berapa banyak uang yang akan mereka hasilkan. Dan ketika harapan itu tidak terpenuhi, kekecewaan dapat menggilas keinginan untuk tetap ngeblog. Perangkap lain yang membuat banyak blogger terperosok ke dalamnya berkaitan dengan kurangnya perencanaan. Jika anda ingin memperoleh keuntungan sebagai seorang blogger, kunci suksesnya adalah membuat rencana yang realistis dan mengikuti rencana tersebut.

Agar berhasil memperoleh keuntungan dengan ngeblog, hal utama yang anda butuhkan adalah jumlah pembaca yang besar. Semakin tinggi trafik anda, semakin banyak pemasang iklan yang bersedia membayar anda. Namun, mengembangkan pengunjung tetap yang anda butuhkan untuk memperoleh keuntungan tidaklah mudah. Dengan semakin banyaknya blog yang muncul setiap hari, memiliki ide yang bagus atau gaya penulisan yang indah tidak cukup lagi untuk menarik perhatian. Anda harus dapat memasarkan blog anda secara efektif.

Sangat banyak blogger yang menghabiskan seluruh waktunya untuk menulis posting, sehingga hampir tidak ada waktu untuk memasarkan proyek mereka. Tentu saja, memperbarui (meng-update) blog sesering mungkin merupakan cara yang bagus agar peringkat blog anda tetap tinggi di khazanah perblogan (blogroll) dan tetap tinggi pada mesin pencari blog seperti technocrati. Dan begitu pembaca anda tahu bahwa anda sering memperbarui, mereka akan terus-menerus kembali ke situs anda.

Namun, tidak peduli seberapa sering anda memperbarui, jika tidak ada orang yang membaca halaman anda, maka anda tidak akan memperoleh keuntungan yang anda dambakan. Jadi jangan menghemat waktu untuk menarik pengunjung ke situs anda. Agar mimpi anda untuk memperoleh keuntungan dari ngeblog menjadi kenyataan, cobalah untuk mengurangi jumlah posting anda dan gunakanlah sebagian waktu anda untuk menarik pengunjung baru dengan bertukar tautan dengan blogger lain, menjalin hubungan dalam komunitas blog, dan mengikuti cara-cara lain yang biasa dilakukan untuk mendatangkan trafik.

Tentu saja, meskipun anda seorang ahli pemasaran atau memiliki ide yang sangat bagus untuk sebuah blog, kesuksesan tidak akan terjadi dalam semalam. Membangun sejumlah besar pembaca agar kegiatan ngeblog mendatangkan keuntungan memerlukan waktu, dan kemungkinan besar diperlukan paling sedikit beberapa bulan sebelum anda memperoleh banyak keuntungan. Berusahalah untuk tetap memiliki komitmen terhadap proyek ngeblog anda pada masa awal yang sulit itu.

Agar tetap termotivasi, tentukanlah tujuan seberapa sering anda akan memperbarui blog anda dan berapa banyak pembaca yang ingin anda tarik, kemudian berikanlah pujian atau hadiah kepada diri sendiri karena anda telah mengikuti rencana tersebut.
Rabu, Oktober 10, 2007
Cara Memperoleh Uang di Internet dengan Blog

Oleh Loretta Miller

Ada beberapa cara untuk memperoleh uang dengan menggunakan blog. Salah satu cara adalah dengan Affiliate Sales di mana anda mempromosikan produk orang lain dan mendapat komisi.

Cara lain adalah dengan Adsense di mana iklan-iklan produk orang lain dipasang di blog anda dan anda dibayar bila ada pengunjung yang mengeklik iklan itu.

Cara lain lagi adalah dengan penjualan langsung di mana anda menjual produk anda sendiri atau produk yang memiliki hak jual kembali (resell rights).

Jika anda berencana untuk menggunakan Affiliate Sales, anda perlu bergabung dengan dua atau tiga program afiliasi yang berhubungan dengan topik blog anda. Beberapa tempat untuk mencari program afiliasi adalah Clickbank, Commission Junction, atau PayDotCom. Selain itu, ada beberapa tempat lain yang menyediakan program afiliasi. Anda bisa menemukannya dengan menggunakan salah satu mesin pencari seperti Google.

Untuk mendapatkan trafik ke situs anda, anda dapat menulis artikel yang berkaitan dengan ceruk (niche) blog anda atau anda dapat menulis ulasan (review) yang berhubungan dengan program afiliasi yang anda promosikan. Jika anda ingin menulis ulasan, berikanlah ulasan yang jujur. Tunjukkanlah kelebihan-kelebihan utama atau manfaat produk itu, tetapi kemukakan juga kekurangan-kekurangan produk tersebut. Anda akan memperoleh rasa hormat dari pengunjung anda jika ulasan anda jujur.

Jika anda menggunakan penjualan langsung untuk produk anda sendiri, anda bisa menjual langsung dari blog anda atau mengarahkan pengunjung ke situs web atau toko online anda. Cara mana pun yang anda pilih, anda akan menggunakan metode yang sama, yakni menulis artikel tentang produk itu atau produk yang anda promosikan atau produk dengan hak jual kembali yang anda tawarkan, atau menulis ulasan. Sekali lagi, pastikan bahwa ulasan anda jujur. Anda ingin pengunjung anda menjadi pengunjung tetap yang terus-menerus mengunjungi blog anda.

Jika anda berencana menggunakan blog anda untuk Adsense, cara termudah adalah menggunakan program Adsense dari Google. Anda perlu membuat blog dengan target sebuah ceruk atau topik.

Misalkan anda membuat blog tentang binatang peliharaan. Google akan menempatkan iklan di situs anda yang berkaitan dengan semua jenis binatang peliharaan. Sebagai contoh, mereka mungkin akan menempatkan iklan di blog anda yang berkaitan dengan anjing, kucing, kuda, ikan, ular, dan perlengkapan binatang peliharaan, bahkan jasa dokter hewan. Uang yang anda peroleh sangat tergantung pada banyaknya trafik yang anda terima.

Salah satu cara terbaik untuk memperoleh trafik adalah menulis artikel dan memublikasikannya di blog anda serta mengirimkannya ke direktori artikel. Cara lain adalah dengan menulis komentar di salah satu forum yang berkaitan dengan binatang peliharaan. Dengan menambahkan alamat blog anda pada kotak tanda tangan, anda akan menciptakan tautan balik ke blog anda. Memperoleh pengiklan dengan cara ini memerlukan kerja yang sangat sedikit di pihak anda. Anda hanya perlu terus-menerus memperbarui blog anda dengan informasi mutakhir agar lebih banyak pengunjung yang datang.

Cara lain untuk memperoleh pengiklan untuk blog Adsense anda adalah dengan mencarinya sendiri. Anda menjual ruang iklan secara langsung kepada perusahaan-perusahaan yang ingin memasang iklan sponsor atau tautan di blog anda. Mereka juga mungkin ingin memasang iklan banner. Meskipun metode ini lebih memakan waktu, anda dapat memperoleh lebih banyak uang karena semua penghasilan akan menjadi milik anda. Anda tidak perlu berbagi penghasilan dengan Google atau pihak lain.

Masalah utama dengan metode ini adalah bahwa anda harus memiliki jumlah trafik yang besar di blog anda sebelum anda dapat menemukan perusahaan yang tertarik untuk beriklan di blog anda. Anda dapat memperoleh trafik dengan metode yang sama, yakni menulis artikel dan mengirimkannya ke direktori artikel, serta menulis komentar di berbagai forum yang berkaitan dengan ceruk anda.

Tidak jadi soal jenis blog yang anda miliki. Untuk mempertahankan aliran trafik yang terus-menerus, anda harus dapat menyenangkan mesin pencari dengan terus-menerus memperbarui informasi di blog anda. Selalu pastikan bahwa isinya bermutu tinggi, unik, berkaitan dengan tema utama, dan yang terpenting informatif. Semakin sering anda memberi makan mesin pencari, semakin sering mereka akan datang berkunjung. Semakin sering mereka berkunjung, semakin tinggi posisi blog anda pada halaman hasil pencarian.
15 Cara Membuat Blog yang Berbeda

Pengirim: sanfucius, Selasa 25 Desember 2007, 12:30
Ada jutaan blog diluar sana, dan untuk keluar dari hiruk-pikuk dan mendapatkan perhatian dari masyarakat banyak merupakan masalah bari blogger pemula.

Untuk menghadapi masalah tersebut, anda harus membedakan diri anda dari yang lain. Namun bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukannya:

1. Nama Blog. Segalanya bermula di sini... Bagaimana anda ingin diingat? Jika anda menggunakan nama anda untuk blog, sebaiknya itu adalah nama yang mudah diingat, atau anda akan memerlukan usaha yang lebih keras. Cobalah untuk memilih nama yang akan menangkap gambaran mengenai diri anda. Ini kelak akan menjadi merek anda. Jadi tegaslah dalam memilih!

2. Judul. Disamping membuat konten yang luar biasa, menulis judul yang menarik perhatian adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menarik orang membaca posting anda. Untuk hal yang satu ini anda juga harus berani, buatlah sesuatu yang berbeda, seksi, dan menarik perhatian.

3. Bermanfaat. Ada banyak blog diluar sana, namun tidak banyak yang berguna, kebanyakan hanya membuang waktu anda dengan konten yang tidak bermanfaat. Jadilah berbeda dengan menuliskan sesuatu yang bermanfaat, sehingga banyak pembaca akan berterimakasih kepada anda karena telah memberikan informasi berharga secara gratis. Tanyakan kepada diri anda, "Apakah ini bermanfaat bagi banyak orang?"

4. Kedalaman. Banyak blog yang berisikan posting singkat karena penulis menuliskannya secara terburu-buru. Berbedalah dari lainnya - incarlah sesuatu yang lebih mendalam. Perhatikanlah bahwa penting juga untuk menuliskan sesuatu secara ringkas, karena sesuatu yang terlalu banyak juga jelas tidak baik. Kuncinya adalah menulusuri topik yang sangat berguna lebih dalam dari blog lainnya.

5. Gaya Penulisan. Sementara konten adalah hal yang penting, perhatikan pula gaya penulisan anda. Apakah anda harus menjadi penulis yang cemerlang atau menarik? Sedikit gaya tidak akan melukai anda. Hal yang penting disini adalah jujur kepada diri anda dan kepada para pembaca. Jangan coba menjadi seseorang yang bukan diri anda.

6. Gambaran yang terus diiingat. Disamping judul, anda juga harus membangun gambaran yang akan diingat terus oleh para pembaca. Cobalah untuk mencari gambaran yang dapat ditangkap mata, muncul dalam benak saat menuliskan posting anda. Sesuatu yang lucu, atau heboh akan sangat membantu.

7. Topik aneh. Topik apa yang menjadi bahan blogging orang lain? Jika anda menuliskan topik sejenis, maka anda akan menjadi sama seperti orang lain. Cobalah menuliskan sesuatu yang aneh, berbeda, menarik yang akan mengundang rasa penasaran. Para pembaca akan terpancing untuk membacanya, bukan-nya mengatakan "ini lagi-ini lagi"

8. Kontroversi. Sementara tidak baik untuk menuliskan sesuatu yang sepenuhnya kontroversi, anda dapat melakukan sesuatu untuk mengontrol kontroversi. Anda mungkin akan mendapatkan serangan, namun hal tersebut tidak akan terlalu melukai anda. Kontroversi membuat seseorang berpikir, dan itu adalah hal yang baik.

9. Kepastian Sumber. Daripada memberikan sebagian informasi mengenai topik, berikan semua informasi yang berkenaan dengan topic tersebut. Berikan semua link yang mungkin diinginkan oleh pembaca. Jika anda lebih baik, lebih lengkap daripada yang lainnya, anda akan menang.

10. Berikan ebook secara cuma-cuma. Sebelum anda berhasil menjual ebook anda, pastikan anda telah memupuknya sejak dini. Buatlah ebook yang menarik dan berikanlah secara gratis. Ciptakanlah nilai dan orang-orang akan berterimakasih kepada anda.

11. Desain Minimalis. Banyak blog yang menjejalkan terlalu banyak dengan informasi, gadget, iklan, gambar, dan lainnya. Namun untuk lebih baiknya, cobalah untuk menyingkirkan semua itu. Anda cukup memiliki gambar utama, konten dan beberapa link yang bermanfaat. Diluar itu, sebaiknya anda singkirkan. Desain minimalis dengan banyak warna putih disana akan lebih menarik perhatian mata dan mudah diingat. Atau dengan kata lain berbeda.

12. Jangan beriklan. Cobalah menjalankan sesuatu tanpa iklan. Memang ini adalah keputusan yang sulit. Namun beberapa blog favorit beroperasi tanpa iklan, setidaknya sampai mereka populer. Lagipula iklan semacam itu tidak akan menghasilkan uang banyak pada tahap permulaan.

13. Pembuka yang menarik perhatian. Paragraph pertama dan kedua adalah yang paling menentukan. Itu dikarenakan jika ia tidak menarik, orang tidak akan menggubrisnya. Jika mereka sibuk, mereka tidak akan memiliki waktu untuk membacanya. Namun jika anda mendapatkan perhatian mereka dengan dua paragraph pertama, maka mereka akan terus membaca.

14. Buat orang bercerita. Disamping menjadi kontroversial, anda mau orang-orang berbicara mengenai posting anda. Tulislah sesuatu yang membuat orang lain ingin membicarakannya.

15. Jangan Fokus kepada Uang, Fokus lah kepada Pembaca. Banyak bloger yang melakukan tugasnya untuk uang. Mereka membuat keputusan tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Mereka mengutamakan uang diatas para pembaca. Dalam setiap keputusan yang hendak anda buat, tanyakan kepada diri anda, "Apakah saya melakukan ini untuk uang atau untuk pembaca?"

Klik di sini untuk sumber artikel

Tidak ada komentar: